Kamis, 14 Januari 2016

Resep Ayam Bakar Sunda

Bahan bahan Yang Dibutuhkan Untuk Membuat Resep Ayam Bakar Bumbu Sunda

  1. Bahan utama yang dibutuhkan adalah ayam potong atau ayam kampung yang segar kurang lebih sebanyak 1 ekor. Ukuran yang digunakan sedang besar, cuci bersih dengan air mengalir kemudian potong menjadi beberapa bagian sesuai selera (6 – 8 potong).
  2. Daun salam kurang lebih sebanyak 3 lembar saja.
  3. Batang serai yang diambil bagian putihnya saja kurang lebih sebanyak 1 batang saja. Cuci bersih lalu memarkan supaya aroma dan rasanya nanti keluar.
  4. Air bersih secukupnya atau kurang lebih sebanyak 100 ml saja.
  5. Mentega kurang lebih sebanyak 50 gram saja.
  6. Kecap manis kualitas bagus secukupnya sesuai selera. Bisa diganti dengan kecap pedas manis kalau suka pedas.
Bahan Bumbu Ayam Bakar Sunda
  1. Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 4 siung saja. Kupas kulit luar bawang merahnya lalu potong potong supaya mudah saat akan diuleg nantinya.
  2. Bawang merah ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 5 siung saja. Kupas kulit luar bawangnya lalu potong potong supaya mudah saat akan dihaluskan.
  3. Kemiri kurang lebih sebanyak 3 pcs saja.
  4. Buah cabai merah besar kurang lebih sebanyak 4-6 pcs saja. Bisa dihilangkan kalau memang benar benar tidak suka masakan pedas.
  5. Lengkuas ukuran sedang kurang lebih sepanjang 2 cm saja.
  6. Garam dapur beryodium secukupnya sesuai selera.
  7. Kunyit ukuran sedang kurang lebih sepanjang 2 cm saja.
Cara Praktis Membuat Ayam Bakar Sunda Yang Enak, Gurih dan Lezat
  1. Langkah pertama adalah uleg atau haluskan berbagai macam bumbu diatas, seperti bawang merah, bawang putih, kunyit, lengkuas, kemiri, buah cabai dan beri garam secukupnya. Bisa diblender supaya cepat, tetapi sangat disarankan untuk di uleg supaya lebih harum dan keluar aroma bumbunya.
  2. Ambil satu wadah cukup besar, masukkan ayam yang sudah bersih dan dipotong potong beserta bumbu yang sudah dihaluskan diatas. Aduk aduk supaya daging ayamnya tertutupi bumbunya di semua bagian.
  3. Kemudian diamkan selama kurang lebih 30 menit – 45 menit supaya bumbunya meresap. Lebih baik diletakkan di dalam lemari pendingin supaya terjaga kesegarannya.
  4. Siapkan panci dan masukkan batang serai yang sudah dimemarkan, daun salam dan air secukupnya (kurang lebih sebanyak 0.1 liter).
  5. Masukkan daging ayam beserta bumbunya lalu masak sambil sesekali diaduk aduk sampai matang dan bumbunya meresap dan menyusut.
  6. Jangan lupa sesekali diaduk aduk supaya tercampur rata semua bumbunya kemudian matikan api setelah dagingnya empuk.
  7. Ambil satu wadah kecil dan masukkan 50 gram mentega dan beri kecap manis / kecap pedas secukupnya kemudian aduk aduk sampai tercampur rata.
  8. Siapkang panggangan ayam, oven atau tempat bakaran ayamnya.
  9. Ambil daging ayam dan olesi dengan bumbu kecap diatas lalu bakar atau oven sampai matang. Sesekali bisa diolesi lagi dengan campuran kecap dan bumbunya supaya lebih gurih.
Selesai sudah cara membuat ayam bakar dengan bumbu khas Sunda diatas. Ternyata cukup mudah dan praktis bukan. Cara membuatnya juga hampir sama dengan resep ayam bakar kecap atau ayam bakar yang lain. Selain digado, resep ayam bakar sunda diatas cocok sekali untuk dinikmati bersama sepiring nasi putih bersama lalapan sayur segar, sambal kecap atau sambal yang lain. Selain lezat, kadar kolesterol jahatnya juga lebih sedikit apabila dibandingkan dengan resep masakan ayam yang digoreng. Untuk ide resep masakan spesial buat acara tahun baru yang lain, silahkan mencoba Ayam Bakar Kalasan atau Ayam Bakar Bumbu Kecap yang tidak kalah enak dan lezatnya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar